Welcome To My Blog

Laman

Kamis, 17 Maret 2011

Kekayaan Alam dan Kemakmuran Indonesia

    Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang kaya akan Sumber Daya Alamnya, Sumber Daya Manusia, Kaya akan berbagai macam seni, budaya, dan begitu terkenal dengan keindahan alam dan keramah- tamahan masyarakatnya. Semua perbedaan seni, budaya, agama dapat hidup berdampingan secara damai, semuanya dapat menjadi satu  sesuai dengan semboyan negara kita Bhineka Tunggal ika; "Berbeda-beda tetapi tetap satu jua". Berikut akan saya uraikan sebagian kecil  bagaimana makmur dan indahnya negara Indonesia.

    Dilihat dari sudut Kepercayaan, Pemerintah Indonesia mengakui  adanya 5 agama yang dapat dianut oleh setiap warganegaranya yaitu; Islam, Kristen Katolik, Protestan, Hindu dan Budha. Di Indonesia masyarakatnya lebih dominan menganut agama Islam.
  
    
    Selain itu, di Indonesia masih ada penduduknya(Keberagaman Pendududuk) yang tinggal di daerah pedalaman (hutan-hutan) seperti; Suku Anak Dalam, Suku Dayak, Suku Badui dan masih banyak lagi suku- suku yang ada di Indonesia. Suku-suku tersebut masih tinggal jauh dari kata mewah dan modern. Semua kegiatan sehari-harinya dilakukan masih tradisional. Contohnya; rumah yang mereka tempati masih berupa gubuk-gubuk kecil, penerangannya masih menggunakan lampu minyak atau obor yang mereka buat sendiri, sebelum makan biasanya mereka harus berburu terlebih dahulu, pakaian yang mereka kenakan hanya menutupi sekitar dada dan di bawah perut saja. Begitu unik bukan? Inilah yang membedakan Negara Indonesia dengan negara-negara lainnya. Masih terdapat penduduk Indonesia yang tinggal di daerah pedalaman dengan kebudayaan dan adat istiadat yang dipercaya.

    Kita lanjut kembali mengulas Apa saja sih Seni dan Budaya yang dimiliki Indonesia? Penduduknya saja sudah beranekaragam, apalagi seni dan kebudayaannya. Seni dan Kebudayaan di Indonesia tidak kalah unik dan kayanya seperti sumber daya alamnya. Di Indonesia setiap pulaunya memiliki kesennia sendiri-sendiri atau ciri khas kesenian yang begitu identik (terkenal dengan pulau tersebut. Seperti Kesenian Reog Ponorogo, Tari Pendet, keseniang Wayang Kulit, Sendra tari yang menceritakan berbagai tokoh pewayangan, Tari saman, Gambelan- gambelan. Wah jika saya sebutkan satu-persatu kesenian yang dimiliki setiap pulau di Indonesia tidak akan ada habisnya. Ini adalah sebagian kecil kesenian yang dimiliki Indonesia. Begitu kaya bukan Negara kita? Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan seni dan budaya yang kita milki saat ini. Jaga dan lestarikan agar seni dan budaya kita tidak di akui kembali oleh negara lain.

    Kita lanjut ke Peninggalan Sejarah dan Bangunan-Bangunannya.
Candi Borobudur, candi prambanan, candi mendut, Keraton Yogyakarta, Monumen Pancasila, Monas, Prasati-prasati, Lawang sewu Itu semua bukti sejarah, dan kayanya Indonesia. Semua bangunan itu memiliki arti dan sejarah masing-masing. Cintohnya saja Candi Borobudur yang merupakan peradaban dari agama Budha,  candi ini di bangun oleh Wangsa Syailendra. Beliau membangun candi ini untuk menjungjung tinggi dan mengagungkan agama Budha Mahayanan.Hebat bukan teman-teman sejarah dari candi borobudur ini? Namun sayangnya ada saja tangan-tangan usil yang tidak bertanggung jawab merusak pennggalan sejarah ini. Jangan kita biarkan ini terus terjadi kita sebagai generasi pengganti bisa ikut menjaga nya dengan hal yang sederhana yaitu tidak menrusak apapun pada bangunannya. 

  
  Lanjut lagi, Kekayaan Dan Keindahan Alam Indonesia,
Siapa sih yang tidak mengetahui Danau 3 warna, Danau Toba, Gunung Rinjani, Gunung aBromo, Kawah putih, Pulu Komodo. Itu sebagian kecil keindahan dan kekayaan yang di miliki Negara Indonesia ini. Indonesia begitu indahhnya, semua kekayaan alamnya memiliki keunikan tersendiri. Contohnya Danau 3 warna yang sering di sebut Danau kelimutu. Danau ini terletak di Desa Perno Kecamatan Kelimutu Kabupaten Ende Flores Nusa Tenggara Timur. Danau ini dapat berubah-ubah warnanya, terkadang merah, hitam, biru, coklat, dan hijau. perubahan warna yang terjadi pada danau tersebut sampai saat ini masih menjadi misteri. Menarik dan menakjubkan sekali bukan?

Selain itu Indonesia juga pernah mendapat julukan sebagai 'Paru-Paru Dunia' karena sebagian besar wilayah Indonesia khususnya di daerah Kalimantan tersebar hutan yang begitu indah, hijau, subur nan eksotis.Namun sekarang hutan di daerah Kalimantan sudah tidak seindah dulu, banyak terlihat hutan-hutan yang gundul, perbuatan oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab, yang hanya ingin mencari keuntungan semata.


Indonesia juga kaya akan Sumber daya alam yang melimpah ruah, seperti minyak bumi, batu bara, tambang emas, penghasil kelapa sawit dan masih banyak lagi. Tapi semua kekayaan alam yang ada di negeri kita ini tidak sepenuhnya dikelola oleh pemerintah Indonesia, contohnya saja Tambang Emas yang terletak di Jaya Pura, PT.FREEPOT yang saat ini kekuasaanya di pegang oleh Amerika Serikat AS. Saya yakin, seharusnya Indonesia juga mampu untuk mengambil kekuasaan atau mengelola tambang tersebut. Jadi semua kekayaan alam yang kita miliki, dapat kita nikmati sendiri, tanpa harus membagi hasilnya dengan negara lain.




Bunga Nasional Indonesia
Mari kita lanjut melihat kekayaan Alam Indonesia dari segi Flora dan Fauna yang dimilikinya. Flora dan Fauna yang terdapat di Indonesia tidak kalah indah. Salah satu jenis Flora yang tumbuh di Indonesia adalah Bunga Raflesia Arnoldi (Bunga Bangkai) bunga ini begitu sering muncul di negara Indonesia, bunga ini termasuk bunga yang cukup langka. Bentuknya unik, dan aromanya pun sesuai dengan namanya. Selain bunga bangkai, Indonesia juga memilih berbagai macam jenis anggrek yang langka. Seperti anggrek bulan, walaupun anggrek adalah Bunga Nasional Negara Singapuera. Tetapi Indonesia juga banyak mengembangbiakkan bunga-bunga anggrek yang langka. Jika Singapura bunga Nasionalnya adalah Anggrek, Indonesipun juga memiliki Bunga (Puspa) Nasional yaitu Bunga Melati. Bunga yang harum, kecil dan cantik. Itulah Bunga nasional Negara kita.
Selain flora, faunanya pun begitu beranekaragam. Contohnya saja Burung Cendrawasih, yang menjadi kebanggaan rakyat Irian jaya, Dan Burung Garuda, sama seperti Simbol Negara kita. Burung Garuda, burung yang sudah langka, jadi burung ini dilindungioleh pemerintah Indonesia.Burung cendrawasihpun sudah terancam punah keberadaannya, jadi jaga dan lestarikan apayang kita miliki saat ini. Kita harus bangga dan ikut menjaga semua keindahan, dan kekayaan yang kita miliki di negara ini, yaitu Negara Indonesia.


I Gusti Ayu Prema Cintya Virayasti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar