SKILL TOEFL 1 UNTIL 5
Skill
1. Subject and Verb
Kita semua tahu bahwa
dalam sebuah kalimat bahasa Inggris, harus ada minimal sebuah Subject
dan sebuah Verb. Problem
yang biasanya muncul sehubungan dengan Subject dan Verb adalah:
- Subject atau Verbnya tidak ada.
- Subject dan Verbnya tidak ada, atau
- Extra Subject and Extra Verb.
Contoh
1: ....................was
ringing continuously for hours.
(A) Loudly
(B) In the morning
(C) The phone
(D) The bells
Analisa:
Kalimat di atas memiliki
Verb yaitu was ringing, tapi tidak memiliki Subject.
Dari
pilihan jawaban; (A) Loudly dan (B) In the morning salah karena keduanya adalah
adverb. Jawaban (D) The bells juga salah karena bells adalah plural dan tidak
sesuai dengan was ringing yang berbentuk singular verb. Jawaban terbaik adalah
(C) The phone karena phone singular verb dan sesuai dengan singular verb was
ringing.
Contoh
2:
Newspapers _______ every morning and every evening.
(A) delivery
(B) are delivered
(C) on time
(D) regularly
Analisa:
Kalimat diatas memiliki
Subject yaitu Newspapers, tapi tidak memiliki Verb.
Jawaban
(A) delivery, (C) on time dan (D) regularly adalah salah karena mereka bukan
subject. Jawaban (B) are delivered benar karena mereka adalah verb.
Contoh
3: The
plane __________ landing at the airport in five minutes.
(A) it is
(B) it really is
(C) is descending
(D) will be
Analisa:
Kalimat
diatas memiliki Subject The plane dan kata kerja landing. Tapi kata kerja
landing belum lengkap (not complete verb) dan harus memiliki tobe is untuk
menjadikan kata kerja itu kata kerja yang lengkap (complete verb).
Jawaban
(A) it is dan (B) it really is salah karena akan ada double Subject it dan
plane. Jawaban (C) is descending salah karena ada double subject descending dan
landing.
Jawaban
terbaik adalah (D) will be karena kalau will be di gabungkan dengan landing
akan menjadi complete verb.
EXERCISE
1:
Find
the subjects and the verbs in each of the following sentences. Then indicate if
the sentences are correct (C) or incorrect ( I ).
1. My best friend
always helpful with problems. ( I )
Analisa:
Subject
dari kalimat ini adalah My best friend, tapi tidak memiliki Verb is. Kalimat yang benar seharusnya My best friend
is always helpful and with problems.
2. The bus schedule has
changed since last week. (C)
Analisa:
Kalimat diatas sudah
memiliki Subject The bus dan juga memiliki Verb has changed
3. Accidentally dropped
the glass on the floor. ( I )
Analisa:
Kalimat
diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verbs dropped. Kalimat yang benar seharusnya adalah Accidentally she or he
dropped the glass on the floor
4. The customer paying
the clerk for the clothes. (I)
Analisa:
Kalimat
diatas sudah memiliki Subject the customer dan part of verb paying. Kalimat
diatas membutuhkan tobe untuk menjadikannya complete verb. Kalimat yang benar
seharusnya adalah The customer is paying the clerk for the clothes.
5. The professor handed
the syllabus to the students. (C)
Analisa:
Kalimat diatas sudah
memiliki Subject professor dan Verb handed.
Skill
2. An Object of a Preposition
An
object of a preposition adalah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) yang
terletak setelah preposition (kata depan), seperti in, at, of to, by, behind,
dan on yang befungsi membentuk sebuah prepositional phrase.
Contoh:
The trip (to the
island) (on Saturday) will last (for three hours).
Kalimat
diatas berisi tiga buah object of preposition; Island sebagai object of
preposition dari to; Saturday sebagai object of preposition dari on dan three
hours sebagai object of preposition dari for. Pada Structure Section TOEFL
Test, object of preposition bisa membingungkan karena banyak yang menduga bahwa
object of preposition adalah subject dari kalimat tersebut.
Contoh:
To
Mike ____ was a big surprise.
(A) really
(B) the party
(C) funny
(D) when
Analisa:
Dari
kalimat diatas, harus dipahami bahwa Mike (noun) bukalah Subject tapi object of
preposition dari To. Subject dari kalimat diatas tidak ada, sedangkan Verbnya
adalah was. Karena yang dibutuhkan adalah Subject, maka jawaban terbaik adalah
(B), the party. Sedangkan (A), (C), dan (D) salah karena mereka bukanlah
Subject. Harus dingat bahwa: Preposition diikuti oleh noun atau pronoun yang
kemudian disebut object of preposition. Jika sebuah kata adalah object of
preposition, maka kata tersebut bukanlah sebuah Subject.
Exercise
2:
1. The name of the baby
in the crib is Jack. (C)
Analisa:
The
Crib bukanlah subjedct, tapi hanyalah Object of Preposition dari in. Sedangkan
Subjectnya adalah name dan Vernya adalah is.
2. By the next meeting
of the class need to turn in the papers.( I)
Analisa:
the
class bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari of. Kalimat
diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki verb yaitu need to turn. Kalimat
yang benar seharusnya By the next meeting of the class they need to turn in the
paper.
3. The directions to
the exercise on page 20 unclear.
Analisa:
Page
20 bukanlah subject, tapi hanya object of preposition dari on.Kalimat diatas
memiliki Subject yaitu the directions, tapi tidak memiliki Verb. Adapun kalimat
yang benar adalah The directions to the exercise on page 20 are unclear.
4. Because of the heavy
rain throughout the night, the walkways are muddy.
Analisa:
Subjectnya
adalah the walkways dan Verbnya adalah Are. Jadi kalimatnya sudah benar. The
heavy rain throughout the night hanyalah object of preposition dari because of.
5. During the week eat
lunch in the school cafeteria.
Analisa::
The
week bukanlah Subject, tapi hanya object of preposition dari during.Kalimat
diatas tidak memiliki Subject, tapi memiliki Verb yaitu eat. Kalimat yang benar
mungkin During the week, they eat lunch in the school canteen.
Choose the letter of
the word or group of words that best completes the sentence.
1. Mark Twain _____ the
years after the Civil War the “Gilded Age.”
(A) called
(B) calling
(C) he called
(D) his calls
Analisa:
Kalimat
diatas sudah memiliki Subject yaitu Mark Twain, tapi belum memiliki verb. Jawaban
terbaik adalah (A) called karena kalimtanya berbetuk simple past.
2. Early ____ toes
instead of hooves on their feet.
(A) horses
(B) had horses
(C) horses had
(D) horses having
Analisa:
Kalimat
diatas belum memiliki Subject dan juga Verb. Jawaban terbaik adalah (C) karena
horses Subject dan had verb. Kalimat juga berbentuk simple past, jadi jawaban
(C) adalah terbaik.
3. ______ grow close to
the ground in the short Arctic summer.
(A) Above tundra plants
(B) Tundra plants
(C) Tundra plants are
found
(D) For tundra plants
Analisa:
Kalimat
diatas belum memiliki Subject tapi sudah memiliki Verb yaitu grow. Jawaban terbaik
adalah (B) tundra plants karena tundra plants adalah subject.
4. In 1867, ____ Alaska
from the Russians for $7.2 million.
(A) purchased the
United States
(B) to purchase the
United States
(C) the United States’
purchase of
(D) the United States
purchased
Analisa:
Kalimat
diatas belum memiliki Subject dan Verb. Jawaban terbaik adalah (D) karena the
united states adalah subject dan purchased adalah verb.
5. Between 1725 and
1750, New England witnessed an increase in the specialization of _____.
(A) occupations
(B) occupies
(C) they occupied
(D) it occupied them
Analisa:
Kalimat
diatas sudah memiliki subject yaitu New England dan verb yaitu witnessed. Jawaban
terbaik adalah (A) occupations karena setelah of harus noun.
Skill
3. Present Participle
Present Participle
adalah Verb + ing. Contohnya: studying, driving, cooking
Penggunaan
Present participle pada Structure section TOEFL test seringkali membingungkan
karena fungsingya yang bisa sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja)
atau adjective (kata sifat).
1. Sebagai bagian dari
kata kerja (Part of a verb)
Present
participle (verb+ing) akan berfungsi sebagai part of a verb jika digunakan
bersamaan dengan tobe (am, is, are, was, and were).
Contoh:
The train is arriving
at the station now.
The students are
talking in the classroom.
Analisa:
arriving
adalah part of a verb karena ditemani oleh is (to be). talking adalah part of a
verb karena ditemani oleh are (to be)
2. Sebagai adjective
(Kata Sifat)
Present
participle (Verb + Ing) berfungsi sebagai adjective apabila tidak ditemani oleh
to be (am, is, are, was and were).
Contoh:
The train arriving at
the station now is an hour late.
The students talking in
the class look very happy.
Analisa:
arriving
is adjective karena tidak ditemani oleh be. Sedangkan, Subject kalimat diatas
adalah train dan verbnya adalah is. talking adalah adjective karena tidak
ditemani oleh be. Subject dari kalimat diatas adalah students dan verbnya
adalah look.
Lihat contoh dibawah
ini.
The film ____ appearing
at the local theater is my favorite.
(A) now
(B) is
(C) it
(D) was
Analisa:
appearing bukanlah part
of a verb tapi adjective.Subject nya adalah film dan verbnya adalah is.
Jawaban
(B), (C) atau (D) salah karena kalimat diatas sudah memiliki verb. Jawaban
terbaik adalah (A) now.
EXERCISE
3:
Look at the following
sentences and Check if they are correct (C) or incorrect (I).
1. The crying baby
needs to be picked up. (C) ADJ.
Analisa:
Kalimat diatas sudah
benar karena crying berfungsi sebagai adjective. Subject dari kalimat diatas
adalah baby, sedangkan verb nya adalah needs to be picked up
2. The clothes are
lying the floor should go into the washing machine. (I) VERB
Analisa:
kalimat
diatas salah karena are lying seharusnya lying dan berfungsi sebagai adjective
bukan bagian dari kata kerja (part of a verb).. Sedangkan kalimat yang benar
adalah The clothes lying the floor should go into the washing machine.
3. The waitress bringing
the steaming soup to the waiting diners. (I)
Analisa:
Kalimat
diatas salah karena bringing seharusnya is bringing dan berfungsi sebagai part
of a verb bukan adjective. Kalimat yang benar seharusnya adalah The waitress is
bringing the steaming soup to the waiting diners.
Skill
4. Past participle
Past participle adalah
Verb III dari kata kerja. Contoh: taught, studied, left, cooked
Penggunaan
Past Participle pada Structure Questions seringkali membingungkan karena
neniliki dua fungsi, yaitu part of a verb (bagian dari kata kerja) dan
adjective (kata sifat).
1. Sebagai part of a
verb
Past
participle akan berfungsi sebagai part of a verb (bagian dari kata kerja)
apabila ditemani oleh have, has, had and be (am, is, are, was, were).
Contoh:
The mailman has left a
letter in the mailbox. (Left is part of a verb)
The classes were taught
by Professor Smith. (Taught is part of a verb)
Analisa:
Pada kalimat pertama,
left adalah bagian dari kata kerja karena ditemani oleh has. Pada kalimat
kedua, taught adalah bagian kari kata kerja karena ditemani oleh be (were)
2. Sebagai adjective
Past Participle
berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila tidak ditemani dengan have,
has, had atau be (am, is, are, dan were).
Contoh:
The letter left in the
mailbox was for me. (Left is ADJECTIVE)
The classes taught by
Professor Smith were very interesting. (Taught is ADJECTIVE)
Analisa:
left adalah adjective
karena tidak ditemani oleh has/have or to be. Sedangkan Subject dari kalimat
pertama adalah The letter dan Verb nya adalah was. taught adalah adjective
karena tidak ditemani oleh has/have atau to be. Sedangkan Subject dan verb dari
kalimat kedua adalah The classes dan were.
EXERCISE 4: Each of the
following sentences contains one or more past participles. Circle the past
participles, and label them as adjectives or verbs. Then indicate if the
sentences are correct (C) or incorrect (I).
1. The food is served
in this restaurant is delicious. (Incorrect)
Analisa:
is
served harusnya served saja karena berfungsi sebagai adjective.Sedangkan
Subject nya adalah The food dan Verb nya adalah IS. Kalimat yang benar adalah
The food served in this restaurant is delicious.
2. The plane landed on
the deserted runway. (Correct)
Analisa:
Subject is The place
and Verb is landed Deserted adalah adjective
3. The unexpected
guests arrived just at dinnertime. (Correct)
Analisa:
unexpected adalah
adjective. Subject nya adalah guests dan Verb nya arrived.
4. The courses are
listed in the catalogue are required courses. (Incorrect)
Analisa:
are
listed seharusnya hanya listed dan berfungsi sebagai adjective bukan part of a
verb. Subject nya adalah courses dan verbnya are required.
Skill
5. Coordinate Connector
Yang
dimaksud dengan Coordinate Connector adalah AND, BUT, OR, or SO. Banyak kalimat
dalam Bahasa Inggris yang terdiri dari dua klausa ( Klausa adalah kelompok kata
yang paling sedikit terdiri dari satu Subject dan satu Verb (Predikat). Ketika
ada dua kalimat dalam Bahasa Inggris, kita harus menggabungkannya dengan benar.
Saalahs atu cara untuk menggabungkan dua buah kalusa adalah dengan menggunakan
AND, BUT, OR, or SO.
Contoh:
The sun was shining and
the sky was blue.
The sky was blue, but
it was very cold.
It may rain tonight, or
it may be clear.
It was raining outside,
so I took my umbrella.
Analisa:
Keempat
kalimat diatas terdiri dari dua klausa dan semuanya di hubungkan dengan sebuah
Coordinate Coonector dan sebuah Comma. Contoh berikut ini akan menunjukan
bagaimana Coordinate Connector di Tes di Structure Questions pada TOEFL Test.
Contoh:
I forgot my coat, ____
I got very cold.
(A) then
(B) so
(C) later
(D) as a result
Analisa:
Kalimat
diatas memiliki dua buah klausa: I forgot my coat dan I got very cold. Untuk
menghubungkannya, kita harus menggunakan sebuah Coonector. Kata Then (A), later
(C), dan as a result (D) bukanlah Connector. Jadi jawaban terbaik adalah (B)
karena so bisa menghubungkan kedua klausa tersebut dengan benar.
EXERCISE
5:
Exercise
5 dibawah ini fokus pada permasalahan Coordinate Connector. Baca kalimatnya dan
tentukan apakah jawabannya Correct (C) atau Incorrect (C).
1. The lawn needs water
every day, or it will turn brown. (C)
Analisa:
Kedua Klausa diatas
sudah benar, begitu juga dengan Coordinate Connectornya.
2. The book was not
long, it difficult to read. (I)
Analisa:
Klausa kedua tidak
memiliki verb (is) dan Connector. Kalimat yang benar adalah The book was not
long, but it is difficult to read.
3. It was raining, so
decided not to go camping. (I)
Analisa:
Klausa/kalimat
kedua tidak memiliki Subject. Tapi sudah memiliki connector, so. Kalimat yang
benar seharusnya adalah It was raining, so I decided not to go camping.
4. The material has
been cut, and the pieces have been sewn together.(C)
Analisa:
Kedua kalimat/klausa
sudah benar begitu juga dengan connectornya
5. The patient took all
the medicine, he did not feel much better.(I)
Analisa:
Kedua
kalimat/klausa diatas sudah benar, tapi belum ada connectornya. Kalimat yang
benar seharusnya adalah The patient took all the medicine, but he did not feel
much better.
Sumber
:
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-questions-skill-1-subject-and.html
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-question-skill-2-object-of.html
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-question-skill-3-present.html
http://www.belajartoefl.net/2011/08/structure-question-skill-4-past.html
http://www.belajartoefl.net/2011/09/structure-skill-coordinate-connector.html
http://adityanugroho90.blogspot.com/2012/04/5-of-toefl-skill.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar