Welcome To My Blog

Laman

Sabtu, 16 Juni 2012


KEBIASAAN MENGELUH HILANG? SEMUA KARENA CINTA KASIH

Menjalani rutinitas yang sering dilakukan pasti akan merasakan suatu perasaan jenuh, sikap mengeluh atau bosan. Perasaan dan sikap- sikap tersebut jika tetap dipelihara dalam jiwa seseorang akan membawa dampak yang negative untuk selanjutnya.
Tetapi semua perasaan dan sikap itu bisa kita rubah dan pahami. Sadarkah kalian jika kita masih saja mengeluh dengan apa yang telah kita nikmati dan kita miliki hari ini? Jika kalian semua telah sadar akan kebiasaan tersebut, segeralah mengubahnya. Sikap tersebut tidak baik lama-lama berdiam didalam jiwa manusia.
Kebiasaan mengeluh yang sering kita lakukan, dapat menyebabkan diri kita menjadi merasa menderita, tertekan dengan apa yang selalu kita keluhkan. Orang- orang yang selalu mengeluh. Biasanya adalah orang-orang yang tidak puas dengan apa yang dinikmatinya dan atau tidak sesuai dengan keinginan kita. Semakin sering diri ini mengeluh, maka diri ini akan semakin mengalami kemenderitaan lahir batin dengan apa ang dikeluhkannya.
Dari beberapa data yang saya temui, menurut psikologi dari Universitas Indonesia, Vivien Gunawan,M.Psi menyatakan mengeluh sebenarnya adalah hal yang wajar, namanya juga manusia, yang hidup dengan nafsu, akal, ego, hati dan lain-lain. Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menyalurkan emosinya. Ada yang melakukan dengan bercerita dengan teman dekat atau teman seermainan, ada yang dengan berpokir keras mencari solusi, menyepi disebuah tempat.
Menurut beliau, factor pemicu dari mengeluh itu biasanya adalah tekanan yang tidak mampu ditanggung sendiri, sehingga membutuhkan orang lain untuk menyalurkan beban yang dialaminya. Selain itu juga ada beberapa factor yang yang bisa membuat seseorang suka mengeluh antara lain :
1.     Hasil didikan dari rumah.
Biasanya seseorang yang  terlalu dimanja dan selalu didengarkan keluhannya oleh orang tua  mau pun saudara-saudaranya. Sehingga posisi seseorang tersebut tidak dapat membuat keputusan sendiri dalam setiap persoalan pribadinya. Jika tidak ada orang yang bisa menampung atau mendengarkan keluhannya, orang tersebut akan merasa stress.
2.    Tidak mendapatkan perhatian orang tua.
Seseorang yang tidak mendapatkan perhatian orang tuanya, maka keluhan itu disampaikankan untuk mendapatkan perhatian orang sekitarnya.
3.    Factor bawaan seseorang, bukan karena pola asuh.
Ada juga berkeluh kesah disebabkan oleh factor bawaan seseorang, bukan dikaenal pola asuh yang salah dalam keluarga. Contohnya saja mereka yang selalu ‘gatal’ untuk berbicara, berkomentar, dan mengeluh, bahkan untuk hal-hal yang tidak penting.

Jadi dari uraian singkat diatas merupakan faktor-faktor yang menyebabkan seseorang untuk melakukan segala keluhannya. Mungkin ada beberapa hal yang harus kita sadari dalam diri ini untuk menghindari sikap mengeluh.
Saya memeperoleh nasihat dari kakek, bahawa segala sesuatu yang kita lakukan baik pekerjaan yang ringan maupun berat harus dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan rasa kasih sayang. Jika segala sesuatunya bisa dilakukan dengan landasan cinta kasih, maka kebiasaan mengeluh dapat diatasi.

Memang tidak mudah mengubah suatu kebiasaan yang buruk kearah yang lebih baik, namun jika kita lakukan dengan adanya niat, maka pasti kita dapat melakukannya. Berikut beberapa hal lain yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan kebiasaan meneglu :
1.     Bersyukurlah setiap hari atas apa yang telah kita dapatkan, baik berupa kesehatan, keluarga, rejeki yang didapatkan. Tetaplah bersyukur tanpa memandang apapun keadaanya.
2.    Janganlah pernah mengeluh apabila kita sedang menghadapi kesulitan, tetapi lakukanlah hal yang sederhana tetapi sangat sering diabaikan. Pertama lakukanlah tarik nafas panjang, kemudian hembuskanlah pelan-pelan. Tersenyumlah saat perasaan kita telah merasa tenang, dan pikirkanlah bahwa suatu saat nanti kita akan bersyukur atas semua yang terjadi saat ini.
3.    Biasakanlah pribadi kita untuk tidak ikut-ikutan mengeluh saat kita sedang bersama teman-teman yang sedang mengeluh.

Jadi tak ada guna dan tak ada dayanya kita selalu mengeluhkan segala sesuatunya dalam menjalani kehidupan ini. Ubahlah pribadi-pribadi yang menurut kalian semua masih sering mengeluh, sedikit demi sedikit mengubah kearah yang lebih baik.
Kita melakukan perubahan kearah yang positif tidak akan pernah mengalami kerugian. Dan satu hal yang paling penting adalah lakukanlah segala sesuatunya denga rsa cinta kasih dan ketulusan. Semuanya dapat berjalan dengan lancar, tanpa beban dan tanpa keluhan.
Semoga yang saya tuliskan dapat bermanfaat untuk kita semua dan bisa menjadi pribadi yang lebih unggul.J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar